Kemenkeu Resmi Membuka Masa Penawaran Sukuk Ritel Bagi Investor Individu

Kemenkeu Resmi Membuka Masa Penawaran Sukuk Ritel Bagi Investor Individu
Kemenkeu Resmi Membuka Masa Penawaran Sukuk Ritel Bagi Investor Individu

Kemenkeu Resmi Membuka Masa Penawaran Sukuk Ritel Bagi Investor Individu

divipromedia.com, JAKARTA – Pemerintah membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR020T3 (Tenor 3 Tahun) dan seri SR020T5 (Tenor 5 Tahun) kepada investor individu Warga Negara Indonesia pada hari ini, Jumat (01/03). Masa penawaran akan berlangsung mulai tanggal 1 – 27 Maret 2024.

Sukuk Ritel seri SR020T3 (Tenor 3 Tahun) menawarkan tingkat imbalan/kupon tetap sebesar 6,30% per tahun dan sebesar 6,40% per tahun untuk seri SR020T5 (Tenor 5 Tahun). Tujuan penerbitan SR020 adalah untuk menyediakan alternatif investasi yang aman, menguntungkan, dan likuid bagi masyarakat. Selain itu, SR020 juga turut mendukung pemulihan ekonomi dan pengembangan pasar keuangan syariah, memperluas basis investor di pasar domestik, serta memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari saving-oriented society menuju investment-oriented society.

Proses pemesanan pembelian SR020 dapat dilakukan secara online melalui 4 tahap, yaitu (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran, dan (iv) konfirmasi kepemilikan. Melalui penjualan secara online, diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat dalam berinvestasi di SBSN ritel yang ditujukan untuk semua generasi melalui instrumen investasi yang terjangkau dengan minimal pembelian Rp 1 juta. Melalui SR020, Pemerintah juga turut memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat berinvestasi sekaligus berpartisipasi dalam mendukung pembangunan nasional.

Adapun pemesanan pembelian dapat disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN. Dengan begitu, bagi masyarakat yang berminat membeli Sukuk Ritel seri SR020 dapat menghubungi/mendatangi 30 (tiga puluh) Mitra Distribusi (Midis) yang telah ditunjuk oleh Pemerintah

Ini, Maksud dan Tujuan Sukuk Ritel Seri SR020T3 dan SR020T5 untuk Investor Individu Warga Negara Indonesia sebagai berikut ;

Sukuk Ritel merupakan instrumen keuangan berbasis syariah yang semakin populer di Indonesia, memberikan peluang investasi yang aman dan halal bagi para investor individu. Dua seri yang perlu diperhatikan adalah Sukuk Ritel Seri SR020T3 (Tenor 3 Tahun) dan Seri SR020T5 (Tenor 5 Tahun). Berikut adalah maksud dan tujuan dari kedua seri ini bagi investor individu Warga Negara Indonesia (WNI).

Sukuk Ritel Seri SR020T3 (Tenor 3 Tahun) tingkat imbalan/kupon tetap sebesar 6,30% per tahun, dengan maksud memberikan alternatif investasi dengan tenor yang relatif singkat, sesuai bagi investor yang mencari likuiditas lebih cepat. Mendukung partisipasi masyarakat dalam pembiayaan proyek-proyek pembangunan negara.

Dengan tujuan meningkatkan inklusivitas keuangan dengan memberikan akses kepada investor individu. Memungkinkan investor untuk mendiversifikasi portofolio investasinya dengan instrumen yang sesuai untuk tujuan jangka pendek.

Sukuk Ritel Seri SR020T5 (Tenor 5 Tahun) tingkat imbalan/kupon tetap sebesar 6,40% per tahun, dengan maksud menawarkan opsi investasi dengan tenor yang lebih panjang, cocok bagi investor yang ingin merencanakan investasi jangka menengah hingga panjang. Memberikan stabilitas dan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan tenor yang lebih pendek.

Dengan tujuan mendorong pembentukan kebiasaan berinvestasi jangka panjang di kalangan masyarakat. Menyediakan alternatif investasi syariah yang memberikan keuntungan kompetitif bagi investor individu.

Keuntungan untuk Investor Individu WNI :

  • Partisipasi dalam Pembangunan: Investasi melalui Sukuk Ritel memberikan kontribusi positif kepada pembangunan infrastruktur dan proyek-proyek penting negara.
  • Keamanan dan Likuiditas : Sukuk Ritel dijamin oleh pemerintah, memberikan tingkat keamanan yang tinggi, sementara tenor yang beragam memberikan fleksibilitas likuiditas.
  • Diversifikasi Portofolio: Investor dapat diversifikasi portofolio mereka dengan mudah, mengurangi risiko investasi.
  • Imbal Hasil yang Kompetitif: Sukuk Ritel menawarkan imbal hasil yang kompetitif, menjadi pilihan menarik untuk investor yang mencari alternatif syariah.

Menginvestasikan dana melalui Sukuk Ritel Seri SR020T3 dan SR020T5 bukan hanya sekadar mendapatkan keuntungan finansial, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan negara serta memperkuat budaya berinvestasi di kalangan masyarakat Indonesia.

Warga Negara Indonesia daftar menjadi investor individu dan syarat cek di link : https://www.djppr.kemenkeu.go.id/pembukaanmasapenawaransukukritelserisr020.(DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *