Kurangi Sampah Plastik : Disdik Kabupaten Cirebon Himbau Siswa SD dan SMP

Kurangi Sampah Plastik
Kurangi Sampah Plastik : Disdik Kabupaten Cirebon Himbau Siswa SD dan SMP

Kurangi Sampah Plastik : Disdik Kabupaten Cirebon Himbau Siswa SD dan SMP Membawa lunch Box dan Tumbler.

Kurangi Sampah Plastik, (divipromedia.com), CIREBON – Kurangi sampah plastik dilingkungan sekolah, Dinas Pendidikan kabupaten Cirebon membuat program gerakan sarapan bersama menggunakan lunch box (tempat/box nasi) dan tumbler (tempat minum). Inovasi tersebut terbukti mengurangi sampah jenis plastik.

Program ini tidak hanya memberikan edukasi tentang makanan sehat yang mengikuti prinsip 4 sehat 5 sempurna kepada siswa-siswi. Tetapi juga mendorong pengurangan sampah dengan mengurangi penggunaan plastik di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Drs H Ronianto MM menuturkan, Pemerintah Kabupaten telah memberikan dukungan dalam bentuk pemberian templar untuk minum dan tempat makan kepada siswa-siswi, sehingga penggunaan plastik dapat diminimalkan.

“Dampaknya sangat signifikan, dengan jumlah sampah yang awalnya memenuhi satu bak dalam seminggu, kini berkurang drastis menjadi hanya dalam satu bulan,” kata Roni.

Menurut Ronianto, program ini efektif sebagai edukasi bagi siswa-siswi untuk hidup sehat dan peduli lingkungan. Tidak hanya di sekolah tetapi juga di masyarakat.

Yang membuat program ini semakin istimewa, Bupati Cirebon juga memberikan perhatian khusus dengan memberikan arahan langsung kepada kepala sekolah untuk menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama,” katanya.

“Pak Bupati juga aktif mendengarkan masukan dari para sekolah, memperbaiki komunikasi antara orang tua dan anak-anak melalui pendekatan yang lebih santai dan terbuka,” katanya.

Dengan begitu, program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada para siswa, tetapi juga membantu membangun kesadaran lingkungan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Cirebon.

Dengan semangat yang menyala-nyala, pendidikan dan perlindungan lingkungan telah menjadi satu di Kabupaten Cirebon, membawa harapan dan inspirasi bagi masa depan yang lebih cerah, pungkasnya. (DM1)

Penulis: DM1Editor: Wahyu Arif

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *