Menko Polhukam Hadi : Tingkat Kerawanan Pemilu Paling Tinggi di Sumatera Barat

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto

Tingkat Kerawanan Pemilu Paling Tinggi

Divipromedia.com, JAKARTA – Pemetaan Indeks Kerawanan Pemilu atau IKP yang disusun Bawaslu, menyebut Sumatera Barat (Sumbar) sebagai wilayah paling rawan se-Pulau Sumatera terkait pelaksanaan pilkada November 2024 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyebutkan, “Pada wilayah Sumatera, Bawaslu memetakan 4 provinsi dengan potensi kerawanan tertinggi. Pertama adalah Sumatera Barat,” kata Hadi melalui siaran langsung dari akun YouTube Kemenko Polhukam, Selasa (9/7/2024).

BACA JUGA

Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Wajib Tau! Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

digitalvibeproductionJul 25, 20241 min read

https://www.youtube.com/watch?v=J3JXGcXcr3U Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Divipromedia.com – Merawat rambut agar tetap sehat sama pentingnya seperti merawat kesehatan bagian tubuh…

Paparan Hadi itu dalam acara Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu se-Wilayah Sumatera. IKP sendiri merupakan instrumen deteksi dini dari potensi kerawanan di Indonesia yang hendak melangsungkan pilkada agar segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses pemilu yang demokratis dapat diantisipasi.

Selain itu Hadi meminta penyelenggaraan pilkada di Aceh juga diperhatikan sebab provinsi itu memiliki kekhususan. Aceh diketahui memiliki partai-partai lokal yang bisa mengusung calon kepala daerah, bebernya.

TONTON JUGA

Provinsi Aceh juga jadi perhatian, karena punya otonomi khusus sehingga, ada perbedaan karakteristik termasuk ada partai politik lokal yang ikut partisipasi dalam kontes pilkada,” Ungkap Hadi.

“Sentra Gakkumdu dapat kenali kerawanan masing-masing daerah dan menemukan mekanisme pencegahan yang tepat bagi daerahnya. Pencegahan dan pengawasan efisien dapat meminimalisir terjadinya tindak pidana pilkada yang terjadi serta mampu ciptakan peringatan diri untuk persempit tindak pidana pilkada,” Pungkasnya. (DM1)

Tinggalkan Balasan