Ini Loh, 4 Fakta Menarik Tentang Ketupat

Fakta Menarik Tentang Ketupat

Divipromedia.com, Kabupaten CirebonKetupat adalah salah satu makanan tradisional yang memiliki banyak fakta menarik terkait sejarah, budaya, dan keunikan dalam pembuatannya.

Tentunya makanan satu ini sudah tidak asing bukan? Selalu menemani disaat momen hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Dan dalam kesempatan kali ini, akan membahas beberapa fakta menarik tentang ketupat. Simak yuk.

Berikut Adalah Beberapa Fakta Menarik Tentang Ketupat:

1. Simbol Keberkahan

Ketupat sering kali dianggap sebagai simbol keberkahan dalam budaya Indonesia.

Bentuknya yang segitiga atau persegi panjang melambangkan kesucian dan keselamatan.

Oleh karena itu, ketupat sering hadir dalam berbagai perayaan keagamaan, seperti Idul Fitri, sebagai tanda syukur atas berkah yang diterima setelah menyelesaikan ibadah puasa Ramadan.

2. Proses Pembuatan yang Rumit

Meskipun terlihat sederhana, proses pembuatan ketupat sebenarnya cukup rumit.

Daun kelapa yang digunakan harus disiapkan dengan hati-hati, lalu anyaman daun tersebut harus diperhatikan dengan teliti agar membentuk ketupat yang kokoh dan tidak bocor saat direbus.

Selain itu, ketupat harus direbus dalam waktu yang cukup lama hingga matang sempurna.

3. Makanan Berumur Panjang

Ketupat memiliki masa simpan yang relatif lama karena proses pembuatannya yang melibatkan perebusan dalam air mendidih.

Ini membuatnya menjadi makanan yang cocok untuk disimpan dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga sering kali menjadi pilihan makanan untuk bepergian atau dibagikan kepada tetangga dan kerabat.

4. Pengaruh Budaya Asing

Meskipun ketupat merupakan makanan tradisional Indonesia, namun seiring dengan perkembangan zaman, ketupat juga telah dipengaruhi oleh budaya-budaya asing.
Misalnya, di daerah tertentu, ketupat bisa disajikan dengan saus kacang ala Jawa Tengah atau disajikan dengan gulai ala Minangkabau.
Ini menunjukkan fleksibilitas dan adaptabilitas ketupat dalam menyatu dengan berbagai budaya dan tradisi kuliner di Indonesia.

Ketupat tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga merupakan bagian penting dari identitas budaya dan tradisi Indonesia yang kaya akan makna dan keunikan. (DM2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *