Bupati Cirebon Tinjau Desa Ambit Pasca Banjir

Bupati Cirebon Tinjau Desa
Bupati Cirebon Tinjau Desa Ambit Pasca Banjir

Bupati Cirebon Tinjau Desa Ambit Pasca Banjir

divipromedia.com, CIREBON – Bupati Cirebon, Imron, melakukan pemantauan di Desa Ambit, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, hari Rabu (13/3/2024), untuk memastikan keamanan wilayah tersebut pasca-banjir pekan lalu. Imron mengungkapkan bahwa banjir melanda 36 desa dari sembilan wilayah kecamatan di Kabupaten Cirebon bagian timur, disebabkan luapan Sungai Cisanggarung yang berhulu di Kabupaten Kuningan.

Imron mengidentifikasi pendangkalan Sungai Cisanggarung sebagai faktor utama, mencatat perubahan dimensi sungai yang semakin menyempit. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dijadwalkan akan melakukan upaya normalisasi pada Mei 2024, dari wilayah hulu hingga hilir.

Dalam upaya penanggulangan, Bupati memberikan bantuan kepada warga terdampak, termasuk penyerahan benih padi dan jagung, pupuk NPK untuk kelompok tani hortikultura, layanan pengobatan hewan, dan penyemprotan disinfektan.

Selain itu, bantuan juga datang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon. Imron menyatakan bahwa bantuan tidak hanya berasal dari pemerintah daerah, tetapi juga dari Komisi VIII DPR RI yang dijadwalkan datang ke pendopo besok, punkasnya. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *