Bupati Cirebon, Tinjau dan Berikan Bantuan logistik Masyarakat Terdampak Banjir

Bantuan logistik Masyarakat Terdampak Banjir
Bantuan logistik Masyarakat Terdampak Banjir

Bupati Cirebon, Tinjau dan Berikan Bantuan logistik Masyarakat Terdampak Banjir

divipromedia.com, CIREBON – Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, secara cepat menanggapi banjir yang melanda Desa Sidaresmi, Kecamatan Pabedilan. Didampingi oleh jajaran pejabat terkait, termasuk Kepala Dinas Sosial dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Imron turun langsung memberikan bantuan logistik masyarakat terdampak banjir.

Bantuan yang diserahkan berupa toren air, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya, sebagai respons terhadap dampak banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Cisanggarung. “Saya tadi langsung memberikan bantuan untuk para korban,” ujar Imron pada Rabu, 6 Maret 2024.

Lanjutnya, alhamdulillah melalui Dinas Sosial Kabupaten Cirebon ada tambahan bantuan logistik dari DIT. PSKBA dari gudang Induk Bekasi untuk masyarakat terdampak banjir ini, berupa :

  1. Makanan Siap Saji : 1150 paket
  2. Lauk Pauk Siap Saji : 1200 paket
  3. Makanan Anak : 1000 paket
  4. Kasur : 400 lembar
  5. Tenda Serbaguna : 5 unit
  6. Tenda Gulung : 300 lembar
  7. Family Kit : 500 paket
  8. Kids Ware : 400 paket
  9. Selimut : 1000 lembar
  10. Sandang Dewasa : 500 paket
  11. Sandang Anak : 500 paket
Bantuan logistik Masyarakat Terdampak Banjir

Imron mengungkapkan bahwa musibah banjir melibatkan 9 kecamatan dan 36 desa di Kabupaten Cirebon, dengan sekitar 20 ribu rumah warga terdampak. Menyebutkan penyebab kejadian di Kecamatan Pabedilan, Imron menyoroti limpasan Sungai Cisanggarung yang terjadi karena tanggul sungai yang rendah.

Untuk 9 Kecamatan di Kabupaten Cirebon Lokasi Terdampak Luapan Sungai Cimanuk-Cisanggarung :

  1. Waled
  2. Pasaleman
  3. Ciledug
  4. Babakan
  5. Pabedilan
  6. Gebang
  7. Losari
  8. Pangenan
  9. Karangwareng

Menurutnya, “Dengan 20 ribu rumah terendam dan 83 ribu jiwa terdampak, kami fokus pada bantuan jangka pendek untuk kebutuhan kesehatan dan sehari-hari,” ungkap Imron. Pemkab Cirebon telah mendirikan dapur umum dan posko kesehatan di beberapa lokasi terdampak sebagai upaya konkret.

Mengenai langkah jangka panjang, Imron berencana untuk mendorong Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung untuk melakukan normalisasi sungai dan pembuatan senderan. “Cisanggarung merupakan wilayah dari BBWS,” Pungkas H. Imron. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *