Wapres Ma’ruf Amin : Kasus yang Menimpa Hasyim Murni Perorangan Bukan Lembaga

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Dok. BPMI Setwapres.

Kasus yang Menimpa Hasyim

Divipromedia.com, JAKARTA – Kasus yang menimpa ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari di copot dari jabatannya beberapa hari lalu, menjadi sorotan publik dan tanggapan berbagai kalangan.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai putusan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap untuk Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menjadi pelajaran penting untuk memegang moralitas dan integritas.

Wapres berharap ke depan tindakan tidak bermoral yang dilakukan pemegang kekuasan tidak terjadi di lembaga lain.

Jangan main-main, nanti seperti apa yang terjadi di KPU. Buat saya ini menjadi pelajaran yang penting untuk pemegang moralitas kemudian juga integritas,” tegas wapres, Jum’at, (5/7).

Wapres menghormati segala keputusan dan kewenangan DKPP yang memberhentikan Hasyim dari jabatannya sebagai ketua KPU.

Menurut wapres, kasus yang menimpa Hasyim telah mencoreng nama KPU. Namun demikian, ia meminta kesalahan yang dilakukan Hasyim merupakan perseorangan, pungkasnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPR Puan Maharani menghormati keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menjatuhkan sanksi pemberhentian Ketua KPU Hasyim Asy’ari karena kasus asusila. Menurut Puan, perilaku tercela itu seharusnya tidak terjadi

Nanti setelah 7 hari, kemudian presiden mengeluarkan perpres pemberhentiannya ya DPR sesuai mekanismenya akan memproses yang ada. Harusnya tidak terjadi hal-hal seperti itu,” ucap, Jakarta, (5/7).

Puan pun menyoroti figur pimpinan KPU yang beberapa kali tersandung kasus. Ia akan mengevaluasi pemilihan ketua KPU ke depan.

Kalaupun itu ada, kita harus sama-sama evaluasi kita harus cari figur-figur yang mungkin lebih baik, dan mekanisme yang ada sama-sama kita perbaiki,” ujarnya. (DM1)

Table of Contents

Tinggalkan Balasan