Timnas Indonesia di Posisi Teratas Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia di Posisi Teratas Lolos Babak Ketiga

Timnas Indonesia di Posisi Teratas Lolos Babak Ketiga

Divipromedia.com, ASIA – lima negara yang diprediksi akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sejauh ini, sudah ada 13 negara yang memastikan diri melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yakni Qatar, Jepang, Korea Selatan, Oman, Iran, Uzbekistan, Irak, Arab Saudi, Yordania, Uni Emirat Arab, Bahrain, Australia, dan Palestina. Mengingat ada 18 negara yang akan ambil bagian di babak ketiga, masih ada lima slot tersisa. Kelima slot ini akan ditentukan pada Selasa, 11 Juni 2024 malam WIB hingga Rabu dini hari WIB, 12 Juni 2024.

Lantas, negara mana saja yang diprediksi akan mengisi lima slot tersisa?

Berikut adalah lima negara yang diprediksi bakal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

  1. Timnas Indonesia
    Timnas Indonesia saat ini menempati peringkat kedua Grup F dengan tujuh poin, unggul satu poin dari Vietnam di posisi ketiga. Dengan keunggulan ini, kendali penuh ada di tangan skuad Garuda. Tim asuhan Shin Tae-yong dipastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia jika menang atas Filipina malam ini. Bagaimana jika kalah atau imbang dari Filipina? Timnas Indonesia masih bisa lolos meski kalah atau imbang dari Filipina, asalkan di laga lain Vietnam tumbang di markas Irak.
  2. Kirgistan
    Kirgistan saat ini menempati peringkat kedua Grup D dengan 10 poin (selisih gol +6), unggul tiga poin dari Malaysia di posisi ketiga (selisih gol -2). Wakil Asia Tengah ini hanya perlu hasil imbang untuk lolos ke babak selanjutnya saat bertandang ke Oman. Bahkan kekalahan pun masih bisa meloloskan Kirgistan, asalkan tidak kalah telak dari Oman yang sudah memastikan lolos ke babak selanjutnya.
  3. Thailand
    Thailand saat ini terpaut tiga poin dari China yang berada di posisi kedua Grup B. Selisih gol Thailand (-2) juga kalah dari China (+1). Namun, Theerathon Bunmathan dan kawan-kawan berpotensi menyalip China melihat calon lawan yang dihadapi di laga terakhir fase grup. Pada matchday terakhir yang berlangsung malam ini, Thailand akan menjamu Singapura, sementara China bertandang ke kandang Korea Selatan. Thailand akan lolos jika menang dengan selisih tiga gol atas Singapura, sambil berharap Korea Selatan menumbangkan China.
  4. Korea Utara
    Korea Utara sementara duduk di posisi kedua Grup B dengan enam poin, terpaut satu poin dari Suriah yang berada di posisi ketiga. Wakil Asia Timur ini berpotensi melakukan comeback di matchday terakhir. Korea Utara hanya akan bertanding melawan Myanmar di tempat netral (Laos). Sementara itu, Suriah harus bertandang ke Jepang, tim yang membantai mereka 0-5 di kandang pada pertemuan pertama.
  5. Kuwait
    Hingga matchday kelima Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kuwait masih menempati posisi juru kunci dengan empat poin, terpaut satu poin dari India dan Afghanistan di posisi kedua dan ketiga. Namun, Kuwait berpotensi meroket ke posisi kedua setelah matchday pamungkas Grup A. Pada matchday keenam, Kuwait akan menjamu Afghanistan, tim yang mereka kalahkan 4-0 di pertemuan pertama. Sementara itu, India harus bertandang ke markas juara Piala Asia 2019 dan 2023, Qatar.

Dengan peluang yang ada, Indonesia dan keempat negara lainnya diharapkan dapat tampil maksimal demi memastikan tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (DM1)