Seleksi ASN (CPNS dan PPPK) Akan dibuka lagi Pada Bulan MEI 2024

Seleksi ASN (CPNS dan PPPK)

Seleksi ASN (CPNS dan PPPK) Akan dibuka lagi Pada Bulan MEI 2024

Pemerintah  Pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, memastikan, Seleksi ASN (CPNS dan PPPK) 2024 akan dibuka pada bulan Mei.

Anas mengatakan, rekrutmen CASN tahun ini terdiri dari seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Saat ini, kata Anas, pihaknya dengan Badan Kepegawaian negara (BKN) berkordinasi untuk membahas seleksi CPNS dan PPPK yang akan dibuka tahun ini.

“Minggu ini tim Kementerian PANRB dan BKN intens melakukan pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan pemda dan pemkot, termasuk dengan para pengelola kepegawaian,” kata Anas. , Sabtu (13/1/2024).

Anas pun mendorong instansi pemerintah baik pusat dan daerah memanfaatkan alokasi formasi. Dengan begitu, reformasi birokrasi berdampak dapat benar-benar terwujud.

Ia pun menargetkan konsolidasi usulan instansi pemerintah bisa selesai pada Januari 2024 ini.

“Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan rekrutmen CASN 2024 dengan formasi 2,3 juta.

Jokowi mengatakan, pada rekrutmen CASN kali ini pemerintah akan memberikan porsi yang besar bagi lulusan baru universitas atau fresh graduate.

Untuk fresh graduate, pemerintah menyiapkan 690 ribu posisi. Sementara untuk PPPK 1,6 juta posisi.

Jokowi mengatakan, pemerintah dalam rekrutmen CASN tahun ini mengincar talenta-talenta muda digital untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, mendorong peningkatan kinerja dan akuntabilitas pemerintah.

“Menghadapi disrupsi teknologi yang pesat pemerintah membutuhkan pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, mendorong peningkatan kinerja dan akuntabilitas pemerintah,” kata Jokowi dikutip dari keterangan pers video, pada Jumat (5/1/2024).

Di Langsir dari Halaman Kompas , Hal serupa juga di sampaika oleh Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Aba Subagja. Rekrutmen CASN yang dimulai bulan Mei 2024, terdiri dari seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Aba menyampaikan, bila memungkinkan rekrutmen CASN 2024 dilaksanakan paling banyak 3 kali dalam satu tahun, di mana tahap pertama dilaksanakan bulan Mei. “Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes diberikutnya,” ujar Aba dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (11/1/2024). Untuk tahap pertama yang rencananya berlangsung Mei 2024, diharapkan semuakementerian/lembaga/daerah (K/L/D) bisa memasukkan data dalam platform digital yang sudah disediakan. Terkait hal tersebut, instansi pusat dan daerah diminta untuk segera mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2024 kepada Kementerian PANRB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi), hingga 31 Januari mendatang.

.


Tinggalkan Balasan