Ribuan Alat Peraga Kampanye, Ditertibkan Pol PP dan Bawaslu Kabupaten Cirebon

Alat Peraga Kampanye
Ribuan Alat Peraga Kampanye, Ditertibkan Pol PP dan Bawaslu Kabupaten Cirebon

Ribuan Alat Peraga Kampanye, Ditertibkan Pol PP dan Bawaslu Kabupaten Cirebon

Kabupaten Cirebon, (divimedia.com) – Ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) sejumlah partai politik dibereskan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut dilakukan karena pemasangan APK menyalahi aturan, pasalnya pemasangan APK menutupi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Cirebon, Rudi Hartono menyampaikan penertiban APK ini menindaklanjuti aduan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon.

“Pemasangan APK dinilai menutupi RTH yang membuat petugas kebersihan kesulitan membersihkannya,” katanya. Selasa (23/1/24)

Rudi menambahkan, pemasangan APK di sepanjang jalur Pantura dari mulai Palimanan sampai Kedawung tersebut dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan. “Khawatir barangkali tertiupa angin lalu menghalangi para pengguna jalan, oleh karena itu perlu dilakukan penertiban,” tambahnya.

Rudi menjelaskan bahwa pelanggaran tersebut berkenaan dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang K3 (Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan). “Oleh karena itu, kami meminta bantuan rekan-rekan SatpolPP Kabupaten Cirebon dalam melakukan penertiban,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Operasi dan Pengendalian (OP) SatpolPP Kabupaten Cirebon, Wisma Wijaya membenarkan bahwa pemasangan APK tidak sesuai dengan tempatnya. “Kami mendapatkan amanat dari Bawaslu, maka kami teruskan ke SatpolPP dan melaksanakan bersama Bawaslu dalam melakukan penertiban,” jelasnya. *DM1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *