Harga Beras Meroket : Bupati Cirebon, Upayakan Harga Beras Stabil

Harga Beras Meroket

Harga Beras Meroket : Bupati Cirebon, Upayakan Harga Beras Stabil

Harga Beras Meroket, Kabupaten Cirebon, (divimedia.com) – Dikeluhkan oleh masyarakat Kabupaten Cirebon terkait harga beras meroket atau melambung dipasaran. Membuat, resah dan gelisah bagi masyarakat yang berpenghasilan dibawah rata-rata pada umumnya. Pasalnya, tidak tanggung-tanggung kenaikan harga beras mencapai Rp. 2.000/kg untuk jenis beras premium dan Rp. 1.500/kg untuk jenis beras madium.

Pantauan divimedia, akhir Desember 2023 harga beras belum mengalami kenaikan, untuk jenis beras premium Rp. 14.000/kg dan untuk jenis beras madium Rp. 12.500-13.000/kg. Dan pada awal bulan Januari 2024 mengalami kenaikan, jenis beras premium Rp. 16.000/kg dan jenis beras madium Rp. 14.000-14.500/kg.

Terkait dengan harga beras dipasaran melambung tinggi, kami sangat prihatin kepada masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya berpenghasilan dibawah rata-rata. “Kami bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan sudah melakukan survai dilapangan dan hasil survai itu menjadi evaluasi, apa penyebab dan faktor utama penyebab hal tersebut. kemudian, bisa mengambil langkah kedepan untuk memecahkan persolaan tersebut. Tutur, Bupati Cirebon, H. Imron saat dikonfirmasi melalui saluran telpon selular, pagi Jum’at, (9/2/24).

Menurutnya, salah satu faktor penyebab kenaikan harga beras melambung yakni perubahan cuaca yang tidak menentu atau cuaca extrim (dampak el Nino), katanya.

Langkah upaya pertama, “kami sudah berkoordinasi dengan Bulog Cirebon untuk menyebarkan atau mengedrop beras merk SPHP (produk beras pemerintah) dipasaran baik di pasar tradisional maupun modern, agar bisa menekan harga beras yang melambung tinggi.

Kemudian langkah upaya kedua, ” Kami sediakan 30 ton beras untuk melaksankan kegiatan operasi pasar beras murah di Desa Ambulu Kecamatan Losari dan Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang, sejak tanggal 5-7 Februari kemarin”. Untuk harga jual Rp. 10.400/kg dengan kemasan 10 kg di kegiatan oprasi pasar beras murah dan satu keluarga hanya bisa membeli 10 kg beras, agar bisa merata penjualan beras dikegiata tersebut
Ujarnya. *DM1

Tinggalkan Balasan