Tantangan Mencari Kerja di Indonesia: Kisah Viral Lowongan di Warung Seblak Ciamis

Tantangan Mencari Kerja

Tantangan Mencari Kerja? Kisah Lowongan Warung Seblak

Divipromedia.com, CIAMISTantangan Mencari Kerja di Indonesia: Kisah Viral Lowongan di Warung Seblak Ciamis, Mencari pekerjaan di Indonesia saat ini bisa menjadi tantangan besar, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah video viral tentang warung seblak di Ciamis, Jawa Barat, yang membuka lowongan pekerjaan.

Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok @bangsatria_98 pada 18 Mei 2024. Pemilik akun, yang bernama Satria, adalah pemilik bisnis seblak tersebut dan mengaku membutuhkan 20 orang karyawan, kamis (23/5).

Namun, Satria tidak menyangka bahwa rekrutmen terbuka tersebut akan langsung diserbu oleh banyak pelamar. Dalam video terlihat ratusan pelamar mengantre, banyak di antaranya mengenakan pakaian putih hitam dan membawa map cokelat berisi berkas lamaran pekerjaan.

Pelamar kerja berbaris rapi dalam antrean panjang. Banyak orang tidak menyangka bahwa sebuah warung seblak bisa menarik begitu banyak pelamar.

“Ini butuh 20 orang makanya berani buka walk-in interview,” kata Satria dalam unggahannya. Proses seleksi tidak dijelaskan secara rinci, namun dalam video tampak pelamar dipanggil satu per satu untuk memasuki ruangan. Mereka juga diberikan air minum dan makanan ringan sambil mengisi formulir pendaftaran dan menunggu giliran wawancara.

Warung seblak milik Satria termasuk dalam kategori UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sehingga tidak memberikan jaminan kerja sebaik perusahaan besar.

Video yang menunjukkan membludaknya pelamar di warung seblak tersebut menjadi viral dan menarik perhatian warganet. Unggahan tersebut dibagikan ulang di berbagai akun media sosial. Banyak warganet yang mengingatkan anak muda untuk berpikir ulang sebelum memutuskan resign dari pekerjaan mereka saat ini. (DM1)