Sri Mulyani: Anggaran Pusat Data Nasional Mencapai Rp700 Miliar

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Anggaran Pusat Data Nasional

Divipromedia.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa anggaran untuk Pusat Data Nasional (PDN) mencapai Rp700 miliar.

Menurutnya, negara mengalokasikan dana yang cukup besar untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), termasuk anggaran tersebut untuk PDN.

PDN yang baru-baru ini mengalami gangguan akibat serangan hacker termasuk dalam komponen belanja Kominfo hingga Mei 2024. “Kapasitas satelit mencapai Rp700 miliar dan Palapa Ring Rp1,1 triliun. Total belanja untuk Kominfo mendekati Rp5 triliun, yaitu Rp4,9 triliun,” ujar Sri Mulyani, Jum’at (28/6).

BACA JUGA

Sri mulyani menjelaskan bahwa belanja negara secara keseluruhan mencapai Rp1.145,3 triliun per Mei 2024. Anggaran tersebut sudah dibelanjakan sebesar 34,4 persen dari total pagu anggaran, atau 14 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, belanja pemerintah pusat yang sudah terealisasi mencapai Rp824,3 triliun. Ani mengatakan, angka ini naik 15,4 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan sudah mencapai 33,4 persen dari pagu anggaran 2024.

Rinciannya, Rp388,7 triliun dialokasikan untuk belanja kementerian/lembaga (K/L), meliputi penyaluran berbagai bantuan sosial hingga pembangunan infrastruktur.

Tinggalkan Balasan