Soal Banjir di Kabupaten Cirebon, Pj Bupati Cirebon Ambil Sikap Temui BBWS

Soal Banjir di Kabupaten Cirebon

Soal Banjir di Kabupaten Cirebon, PJ Bupati Ambil Sikap

Divipromedia.com, CIREBON – Soal Banjir di Kabupaten Cirebon, Upaya Penanggulangan Banjir di Kabupaten Cirebon
Banjir sering melanda Kabupaten Cirebon, terutama di wilayah bagian timur. Menanggapi masalah ini, Pj Bupati Cirebon, Drs. Wahyu Mijaya, SH, M.Si, mengadakan pertemuan penting dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung pada Kamis, 30 Mei 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Pj Bupati Cirebon didampingi oleh Bappelitbangda, DPUTR, dan BPBD Kabupaten Cirebon, disambut oleh Kepala Balai BBWS beserta jajaran terkait. Pertemuan ini bertujuan untuk mencari solusi efektif dalam mengatasi masalah banjir yang kerap melanda wilayah tersebut.

Wahyu mengatakan, bahwa dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai rencana jangka pendek, menengah dan panjang.

Ada dua hal yang menjadi pembahasan dalam pertemuan Pemda Kabupaten Cirebon dan BBWS tersebut, yaitu masalah banjir dan kekeringan.

“Yang kita bahas adalah masalah banjir dan kekeringan,” kata Wahyu.

Untuk jangka pendek, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan pihak BBWS, dan disepakati akan dilakukan normalisasi sungai.

Normalisasi tersebut kata Wahyu, akan dilakukan mulai saat ini, hingga akhir desember nanti, sebelum musim hujan kembali tiba.

Langkah lainnya yang akan dilakukan, yaitu dengam pembuatan kolam retensi. Pihaknya akan mencoba mendata, lokasi-lokasi yang memungkinkan untuk dibuat kolam retensi.

“Kegiatan ini juga akan dikerjasamakan dengan BBWS,” ujar Wahyu.

Selain itu, untuk mengantisipasi banjir dan memaksimalkan serapan air, Wahyu juga akan melakukan program pembuatan biopori.

Dengan adanya pembuatan biopori ini, diharapkan nantinya, serapan air bisa dilakukan disejumlah lokasi, bukan hanya langsung mengalir di sungai saja.

“Diharapkan, langkah-langkah tersebut bisa meminimalisir terjadinya banjir di Kabupaten Cirebon,” kata Wahyu. (DM1)