Sejarah Singkat Pendopo Bupati Cirebon

Pendopo Bupati Cirebon
Pendopo Bupati Cirebon

Mengenal Pendopo Bupati Cirebon

Pendopo Bupati Cirebon

Pendopo Bupati Cirebon Bangunan yang terletak di Jl. RA Kartini Kelurahan Kejaksan Kota Cirebon.
bangunan tua yang menjadi tempat berkegiatan resmi Bupati Cirebon di Jawa Barat. Dijelaskan bahwa Kejaksan dipilih sebagai lokasi karena sebelumnya merupakan wilayah Pangeran Kejaksan, yang juga dikenal sebagai Syekh Abdurrohim, yang memerintah beberapa wilayah dari sebelah utara Sungai Sukalila hingga ke Stasiun Kejaksan.

Masih tegak berdiri dengan kukuh dan saat ini masih difungsikan sebagai rumah dinas Bupati Cirebon yang sedang menjabat, yakni Kang Imron Rosyadi. Menurut budayawan Cirebon, Raden Chaidir Susilaningrat, bangunan pendopo tersebut pertama kali dibangun oleh Bupati Cirebon ke-5, yaitu R.A.A Soeradiredja pada tahun 1896. Awalnya, bangunan ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Cirebon dan baru diresmikan pada tahun 1900 setelah melewati proses pembangunan selama empat tahunAwalnya dibangun sejak zaman Kerajaan Cirebon dulu, sekitar abad ke-15. Ini bukan hanya tempat kerja, tapi juga tempat untuk rapat penting dan acara adat. Sampe sekarang, pendopo ini masih dipakai untuk kegiatan resmi dan budaya di Cirebon.

Di sini terdapat ruangan mega dan tempat rapat para pejabat tinggi. Pastinya halaman depan menjadi spot favorit untuk acara adat, upacara resmi ataupun spot foto untuk mengenang ketika berkunjung ke tempat ini. Selain itu terdapat juga hewan peliharaan yang di rawat dan di pelihara disana seperti, burung, kera, dan lain sebagainya.

Ada Apa Saja di Dalam Pendopo Bupati Cirebon, Simak Yuk..

  • berlokasi di  Jl. Kartini No. 7, Kec. Kejaksaan, Kota Cirebon
  • Di kelilingi pagar tembok dengan pintu gerbang yang berbentuk candi bentar yang berada di sebelah barat dan timur.
  • Bangunan pendopo tersebut pertama kali dibangun oleh Bupati Cirebon ke-5, yaitu R.A.A Soeradiredja pada tahun 1896.
  • Pendopo ini bukan hanya rumah dinas melainkan tempat kegiatan untuk acara resmi, rapat penting dan acara adat.
  • Dan hal yang menarik lainnya yaitu ini adalah salah satu tempat yang menjadi cagar budaya, karena usianya sudah lebih dari 100 tahun.

Itulah sejarah singkat mengenai Pendopo Bupati Cirebon. Untuk info lainnya mengenai Kabupaten Cirebon bisa kunjungi https://www.cirebonkab.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *