Ribuan Surat Suara Pemilu Kabupaten Indramayu Rusak Bercak Tinta dan Sobek

Ribuan Surat Suara Pemilu
Ribuan Surat Suara Pemilu Kabupaten Indramayu Rusak Bercak Tinta dan Sobek

Ribuan Surat Suara Pemilu Kabupaten Indramayu Rusak Bercak Tinta dan Sobek

Indramayu, (divimedia.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu mencatat ada 4.206 lembar surat suara pemilu rusak. Setelah rampung setelah pelipatan dan sortir surat suara.

Surat suara yang rusak itu, yakni 115 lembar surat suara Pilpres, 1.998 lembar DPR RI, jenis surat suara DPD RI sebanyak 332 lembar rusak, 1.469 lembar surat suara DPRD provinsi, dan 292 lembar DPRD kabupaten, dan totalnya mencapai 4.206 surat suara pemilu rusak, tutur Ketua KPU Indramayu, Masykur, di sela-sela kesibukan Jum’at, (26/1/24).

Menurutnya, secara detail, dari total 7.020.460 lembar untuk 5 jenis surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Indramayu telah dilipat dan siap didistribusikan ke setiap Kecamatan. Namun, 4.206 lembar diantaranya rusak.

Dia menjelaskan, “Kerusakan lembar surat suara itu diketahui saat melakukan penyortiran dan pelipatan pada beberapa Minggu lalu. Selain terdapat beberapa bercak tinta, kategori rusak juga karena ada lembar surat yang tidak simetris, katanya

“Itu ada yang tinta berceceran ada yang sobek, ada yang tinta di titik tertentu sama bentuk yang harusnya persegi itu malah agak bulat atau nggak simetris,” Tuturnya.

Dengan, kejadian tersebut. Kita mengupayakan Dikembalikan dan sudah dilakukan permintaan lagi melalui Silog. Dan mudah-mudah estimasi pengiriman secepatnya,”

Kendati demikian, Masykur memastikan pencoblosan akan tetap berjalan pada Rabu (14/2/2024) nanti. Sebab, dilihat dari angka kerusakan surat suara di setiap jenisnya masih bisa mencukupi untuk seluruh jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Saya kira ya tetap jalan karena itu kan di luar cadangan. Cuma kita antisipasi tetap minta surat pengganti yang rusak,” katanya.

Saat ini, KPU masih melakukan packing dan setting logistik sebelum didistribusikan ke setiap Kecamatan se Kabupaten Indramayu, jelasnya.*DM1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *