Puncak Hardiknas 2024, Disdik Gelar Karya Anak Cirebon

IMG 20240502 WA0017 scaled

Puncak Hardiknas 2024, Disdik Gelar Karya Anak Cirebon

Divipromedia.com, CIREBON – Pada puncak perayaan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2024 tingkat Kabupaten Cirebon, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon mempersembahkan “Karya Anak Cirebon”. Acara ini meriah digelar di halaman kantor Disdik sumber pada Kamis, (2/5/24).

Sekda Kabupaten Cirebon, Hilmy Rivai mewakili Bupati Cirebon dikonfirmasi saat usai acara mengatakan “Hari Pendidikan Nasional sabagi momentum yang sangat penting didunia Pendidikan karena basis utama kemajuan bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Cirebon melalui Pendidikan”, tututnya,

Menurutnya, tanpa ada dasar yang baik didunia Pendidikan maka, kita tidak mampu untuk merah cita-cita kedepan. “Proyeksi negara kita 2045 mendatang menjadi negara super power didunia, terutama pada bidang ekonomi maka harus dipersiapkan melalui Pendidikan, katanya.

Yang dipersiapkan bukan hanya Pendidikan formal saja, semua level dari Pendidikan tingkat PAUD, TK, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi harus dipersiapkan. ” Jangan dilupakan Pendidikan Non formal menjadi potensi dan sangan penting bagi kemajuan pendidikan kedepan”.

Lanjutnya, Komponen pendidikan secara komprehensif, itu menjadi basis utama kemajuan bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Cirebon. “Perlu disiapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, tenaga kependidikan dan kemarin alhamdulillah kita telah mengangkat sebanyak 6.000 PPPK tenaga pendidik dan kependidikan untuk mendorong pendidikan lebih berkualitas dan maju”, ungkapnya.

Seraya dikatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto mengatakan, Gelar karya anak cirebon konsepnya adalah kita menampilkan karya-karya anak disatuan pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon. “Untuk konsep menunjukan kepada masyarakat bahwa di sekolah-sekolah tidak hanya pembelajaran saja dilakukan tetapi ada kegiatan menggali potensi peserta didik yang memiliki keterampilan di bidang seni dan budaya atau mencari regenerasi baru. Tujuannya mengangkat seni dan budaya atau kearifan lokal didaerah tersebut tetap terjaga khususnya di kabupaten Cirebon sehingga tidak punah dimasa mendatang

H. Roni menambahkan, “Untuk peserta mengikuti kegiatan gelar karya anak cirebon pada puncak acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, ada dua belas sekolah terdiri dari berbagai jenjang pendidikan seperti TK, SD dan SMP. Dari jumlah peserta tersebut menampilkan karya-karya kearifan lokan dan kemajuan teknologi seperti, membatik atau batik tulis, pembuatan grabah bahan baku tanah liat, anyaman bambu, pengelolaan sampah menjadi pupuk organik, lukisan kaca kaligrafi, ecoprint, batik jumputan, rajutan dari benang wol, dan pembuatan robotik. Ungkapnny. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *