Presiden Jokowi Batal Pindah Ke IKN, Kesiapan Fasilitas Dasar Belum Siap

Presiden Jokowi Batal Pindah Ke IKN

Presiden Jokowi Batal Pindah Ke IKN

Divipromedia.com, JAKARTA – Rencana pemindahan kantor Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan pada Juli 2024 dibatalkan. Pembatalan ini terkait dengan kesiapan fasilitas dasar yang masih belum memadai.

Jokowi menegaskan bahwa ia baru akan pindah ke IKN ketika fasilitas dasar seperti listrik dan air bersih sudah siap. Ia mempertanyakan kesiapan fasilitas di ibu kota baru tersebut.

“Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,” kata Jokowi pada Selasa, 9 Juli.

Jokowi juga belum bisa memastikan kapan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN akan diterbitkan. Presiden hanya menyebut Keppres bisa saja diterbitkan sebelum HUT Indonesia ke-79.

Namun, ia juga tidak menutup kemungkinan bahwa beleid tersebut baru akan diterbitkan setelah presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, dilantik pada Oktober mendatang.

“Kita tidak ingin memaksakan sesuatu yang belum siap. Semuanya harus dilihat, progres lapangannya juga harus diperhatikan,” tutupnya. (DM1)

Tinggalkan Balasan