PJ Bupati Cirebon, Pesan Proses PPDB Jenjang SMP Menjunjung Tinggi Kejujuran Dan Berkeadilan

PJ Bupati Cirebon, Pesan Proses PPDB Jenjang SMP

PJ Bupati Cirebon, Pesan Proses PPDB Jenjang SMP Menjunjung Tinggi Kejujuran Dan Berkeadilan

Divipromedia.com, KABUPATEN CIREBON – Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Drs. H. Wahyu Mijaya, SH., MSi menjamin pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di Kabupaten Cirebon menjunjung tinggi kejujuran dan berkeadilan.

Hal itu diungkapkan Wahyu saat menandatangani komitmen dukungan penyelanggaraan PPDB 2024 bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di SMP Negeri 1 Sumber, Rabu (12/6/2024).

Wahyu bersama Forkopimda menandatangani komitmen penyelenggaraan PPDB tingkat SMP di Kabupaten Cirebon berjalan dengan objektif, transparan, dan akuntabel.

“Pada prinsipnya adalah, kita ingin proses penerimaan peserta didik baru itu jujur dari awal begitu,” ucap Wahyu.

Ia mengakui, harus melibatkan banyak pihak agar PPDB di Kabupaten Cirebon berjalan secara jujur dan berkeadilan. Ia juga bersyukur, banyak pihak yang berkomitmen.

“Tidak hanya dari Pemerintah Kabupaten Cirebon, tetapi semua unsur itu mendukung, dan alhamdulillah hari ini cukup lengkap hadir,” tuturnya.

“Mudah-mudahan, ini menjadikan sebuah komitmen bersama dan diikuti juga oleh masyarakat. Sehingga masyarakat mohon bisa sama-sama paham, jangan sampai ada yang tetap berkehendak ke salah satu sekolah, yang sebetulnya tidak memungkinkan untuk masuk kesitu, contohnya seperti itu,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, H. Ronianto, S.Pd., MM mengatakan, kuota PPDB atau daya tampung PPDB 2024 sebanyak 20.800 siswa untuk 40 SMP Negeri, sedangkan jumlah lulusan dari SD di Kabupaten Cirebon berjumlah 33.883 siswa.

“Jadi, masih ada sekitar 13ribu siswa yang mungkin bersekolah di swasta, itu belum termasuk MI,” ucap Ronianto.

Ronianto mengungkapkan, Disdik Kabupaten Cirebon terus berupaya agar 100 persen lulusan SD melanjutkan ke jenjang SMP, baik negeri maupun swasta.

“Kita juga arahkan yang tidak bisa masuk itu, ke pendidikan nonformal. Jadi, tidak ada alasan anak tidak sekolah. Kita akan data by name, by address, dan kita kerahkan semua upaya untuk menyelesaikannya,” tuturnya.

“Tahun kemarin, anak-anak SD dari 35ribu lulusan, hanya 26 yang tidak melanjutkan. Sekitar 99,89 persen, dari SMP ke SMA sisanya 426 (yang tidak melanjutkan). Kita di atas 90 persen angka melanjutkan, tinggal sedikit lagi tahun ini sampai tuntas,” jelasnya.

Sementara itu, untuk tahap I PPDB 2024 tingkat SMP di Kabupaten Cirebon, dibuka pada 25 Juni hingga 29 Juni 2024. Hasil tahap I diumumkan pada tanggal 1 Juli 2024.

Tahap I dibuka untuk jalur afirmasi, prestasi akademik dan nonakademik, prestasi peringkat nilai rapor, perpindahan tugas orang tua/wali dan anak guru/tenaga kependidikan.

Kemudian, tahap II jalur zonasi, digelar pada tanggal 9 Juli 2024, hasil tahap II diumumkan pada 10 Juli 2024, punkasnya. (DM1)