Pemkot Kota Cirebon, Gencar Sosialisasi dan Implementasi IKD

Pemkot Kota Cirebon
Pemkot Kota Cirebon Gencar Sosialisasi dan Implementasi IKD

Pemkot Kota Cirebon, Gencar Sosialisasi dan Implementasi IKD

Pemkot Kota Cirebon, (divimedia.com) – Pejabat (PJ) Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi gencar melaksankan sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada masyarakat Kota Cirebon.

Kami terus mensosialisasikan dan Implementasi pengguna Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada masyarakat karena IKD bukan hanya untuk identitas resmi semata. “Penggunaan IKD bisa terintegrasi dengan NPWP, BPJS, hingga bantuan sosial,” Tuturnya, di sela-sela kesibukan, Selasa (23/1/24).

Dengan menggunakan IKD juga masyarakat tidak perlu khawatir kehilangan kartu identitas seperti saat masih berbentuk fisik.

Meski demikian, implementasi pengguna IKD di Kota Cirebon masih tergolong sedikit. “Tercatat, pengguna IKD masih 2,7 persen dari jumlah penduduk di Kota Cirebon,” ujarnya.

“Untuk itu Disdukcapil serta perangkat daerah terkait gencar sosialisasi dan mendorong implementasi IKD,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh menjelaskan, untuk aktivasi IKD pihaknya terus melakukan sosialisasi dan jemput bola ke masyarakat.

“Kami terus bergerak agar masyarakat melakukan aktivasi IKD, sampai ke tingkatan RT, RW dan kelurahan,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk melakukan aktivasi IKD, masyarakat harus datang langsung ke Kantor Disdukcapil.

“Pasalnya, di dalam IKD tersebut tidak hanya terdapat KTP saja, tetapi terdapat kartu keluarga, biodata penduduk, hingga susunan keluarga,” Ujarnya. *DM1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *