Hasil Rapat Pleno Pileg 2024, PDIP Unggul

20240305 000215 0000

Hasil Pileg 2024 Kabupaten Cirebon, PDIP Unggul

divipromedia.com, CIREBON – PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon meraih kemenangan gemilang pada Pemilu 2024 dengan memborong total 13 kursi legislatif, menjadikannya sebagai juara dalam pertarungan politik yang sengit. Keberhasilan ini mengakhiri dominasi PKB yang meraih kemenangan pada Pileg 2019 lalu.

Meski demikian, kemenangan PDI Perjuangan tidak didapat dengan mudah, terutama dalam penentuan kursi terakhir di dapil I. Partai ini harus melalui perjalanan berliku, terlibat dalam “pertarungan” ketat dengan Hanura. Sengketa perolehan suara di dapil I menjadi tantangan tersendiri bagi PDIP, namun melalui upaya keras, mereka berhasil meraih kemenangan dan mengamankan kursi terakhir dengan sukses.

Dalam perkembangan terbaru, terdapat penurunan suara bagi Hanura di dapil I setelah dilakukan pencermatan ulang. Tercatat, suara Hanura mengalami penurunan sebanyak 248 suara yang berasal dari TPS di Kecamatan Dukupuntang, Weru, dan Sumber. Sementara itu, PDIP juga mengalami penurunan sebanyak 10 suara.

Dengan demikian, total suara Hanura yang sebelumnya mencapai 13.647 menjadi 13.399, sementara suara PDIP yang awalnya 40.836 berkurang menjadi 40.826. Perubahan ini mengakibatkan PDIP meraih kursi terakhir, sedangkan Hanura mengalami kekalahan dengan selisih perolehan suara sebanyak 248.

Dalam konfirmasinya, Ketua Bappilu PDI Perjuangan, Bejo Kasiyono, menegaskan bahwa PDIP bertujuan mencari kejujuran dan kebenaran, bukan untuk memperkeruh jalannya sidang pleno rekapitulasi perolehan suara. Ia mengapresiasi partai-partai lain yang memberikan kelonggaran terhadap partai yang bersengketa, menyampaikan terima kasih atas dukungan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Dr Hj Sophi Zulfia SH MH menjelaskan Pemilu ditahun ini, PDIP berhasil menaikan perolehan kursi legislatif. Sebelumnya, PDIP meraih 8 kursi di legislatif. Di Pemilu tahun ini, bisa meraih 13 kursi.

Ada kenaikan cukup signifikan dari perolehan Pileg tahun sebelumnya. “Alhamdulillah, ini keberhasilan bersama. Dari semua unsur partai didalamnya terlibat,” katanya.

Setelah meraih kemenangan, PDIP pun tidak ingin bereuporia berlebih. Karena kontestasi, belum berakhir. “Setelah Pileg, kami harus terus menatap masa depan, menyongsong Pilkada Kabupaten Cirebon,” pungkasnya.

Sebagai informasi, ada 7 partai politik (parpol) yang kembali mengisi di legislatif. Ketujuh parpol tersebut, PKB meraih 9 kursi. Gerindra meraih 7 kursi. PDI Perjuangan meraih 13 kursi. Golkar merah 7 kursi. Kemudian PKS meraih 6 kursi, NasDem dan Demokrat masing-masing meraih 4 kursi. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *