Mudik Gratis 2024, Kemenhub Umumkan dan Sosialisasikan

Mudik Gratis 2024
Mudik Gratis 2024

Mudik Gratis 2024, Kemenhub Mengumumkan Angkutan Mudik Gratis

divipromedia.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan mengumumkan Angkutan Mudik Gratis Tahun 2024 yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pulang ke kampung halaman pada masa lebaran tahun 2024.

Adita Irawati, Juru Bicara Kemenhub menuturkan, Program Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2024 sengaja disosialisasikan lebih awal kepada masyarakat untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang akan mudik lebaran menuju kampung halamannya masing-masing, dengan segala sumberdaya transportasi yang ada, mulai dari menggunakan kendaraan pribadi, bahkan menggunakan transportasi sepeda motor.

Risiko Berpergian Jauh dengan Motor Pemerintah, melalui Kemenhub, meminta masyarakat jika mudik atau menuju kampung halamannya masing-masing tidak menggunakan transportasi sepeda motor. Berkendara dengan sepeda motor selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, risiko terjadinya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggi.

Tahun 2023 lalu, seperti yang disitir Wakil Ketua Umum Bidang Keselamatan Transportasi, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Rivan A. Purwantono mencatat, jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, dan insiden kecelakaan tersebut 77% nya melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya.

Melihat dari besarnya risiko yang akan dihadapi oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kemenhub mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan juga akan diangkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan.

Adita juga mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran yang aman dan nyaman. “Jangan mudik menggunakan sepeda motor mengingat potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi. Gunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis,” ujarnya.

Berbagai Moda Mudik Gratis Program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub tersedia melalui berbagai moda, yaitu moda transportasi darat, moda transportasi laut, serta moda kereta api, yang teknis pelaksanaannya akan digelar di titik simpul transportasi.

Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”. Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang direncanakan pada 5 Maret-3 April 2024.

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakuan pada 14 dan 15 April 2024.

Kemudian, untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program
“Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024.

Detail Mudik Gratis dengan Kereta Api

Selanjutnya di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api”. Tiket kereta api bisa didapatkan mulai 4 Maret-18 April 2024. Tersedia kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Adapun ketiga lintas pelayanan pada
angkut sepeda motor gratis (MOTIS) 2024 antara lain sebagai berikut.

  • Lintas Utara (PP) Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang
  • Lintas Tengah (PP) Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo ● Lintas Selatan (PP) Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun

Guna menarik minat masyarakat untuk mengikuti program MOTIS 2024, masyarakat juga akan difasilitasi untuk membeli tiket kereta dengan harga terjangkau. Dalam hal ini, peserta MOTIS 2024 akan memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan harga mulai dari Rp 10.000,- dan maksimal Rp 20.000,- per penumpang untuk setiap lintas pelayanan.

Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program MOTIS 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Agar dapat mengikuti program MOTIS 2024, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan persyaratan sebagai berikut :

  • KTP, SIM yang berlaku,
  • Kartu Keluarga,
  • STNK
  • Besaran Motor
    Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk. Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

MOTIS 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan MOTIS 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

Tanggapan Calon Pemudik Berita tentang diadakannya kembali Program Mudik Gratis Kemenhub Tahun 2024 setidaknya membuat Sujarwo (53) senang. Pemilik gerai bakso Arema di kawasan Bekasi ini sudah 4 tahun tidak mudik ke kampung halamannya di Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Ia berharap tahun ini dapat berkesempatan mengikuti program mudik bareng gratis Kemenhub jika memungkinkan.

“Kalau ada peluang dan masih ada kesempatan saya akan segera mendaftar ikut mudik gratis,” ujar ayah dua anak yang telah merantau di Kota Bekasi sejak tahun 1993 lalu.

Menurut Sujarwo, program mudik gratis ini sangat membantu masyarakat, terutama dalam situasi ekonomi yang kurang kondusif sejak awal pandemi beberapa waktu lalu. “Sangat membantu,” cetusnya.

Ia juga setuju dengan himbauan agar pemudik tidak mengendarai sepeda motor untuk menuju kampung halamannya, karena sangat berbahaya, pungkasnya. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *