Menteri Sosial Tinjau Musibah Banjir di Kabupaten Cirebon

Menteri Sosial Tinjau Musibah Banjir
Menteri Sosial Tinjau Musibah Banjir di Kabupaten Cirebon

Menteri Sosial Tinjau Musibah Banjir di Kabupaten Cirebon Bagian Timur

divipromedia.com, CIREBON – Menteri Sosial Tinjau Musibah Banjir di Kabupaten Cirebon. Tri Rismaharini meninjau langsung dampak serius banjir yang melanda beberapa desa. Dalam responsnya, Risma menyampaikan bahwa tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah dikerahkan untuk memberikan bantuan sejak beberapa hari lalu.

Menurut Menteri Risma, pihaknya dapat memberikan bantuan sepenuhnya setelah Bupati Cirebon mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Tanggap Darurat pada hari tersebut. Pasca-SK tanggap darurat, Menteri Risma berjanji untuk mengirimkan kekuatan penuh, terutama dalam hal peningkatan kapasitas tim bantuan dan penyediaan kebutuhan makanan.

Mengunjungi Desa Sidaresmi, Desa Kalibuntu, dan Desa Kalimukti di Kecamatan Pabedilan, Menteri Risma membawa penjernih air untuk memastikan masyarakat dapat mengonsumsi air bersih secara langsung. Selain itu, beberapa tangki air bersih juga telah dikirimkan untuk distribusi kepada warga, kata Mensos Risma, Jum’at, (8/3/24).

Meski pendistribusian air bersih sempat terhenti, Menteri Risma menegaskan bahwa setelah SK Tanggap Darurat, bantuan akan dimaksimalkan. Ia juga memberikan dorongan kepada pemerintah desa untuk mengusulkan bantuan perbaikan rumah kepada para korban, Unjar, Menteri Risma.

“Pak Kuwu, usulkan saja untuk perbaikan rumahnya, nanti saya bantu. Dan khusus untuk yang meninggal dunia, kita berikan santunan sebesar Rp17,5 juta,” jelas Menteri Risma.

Dalam penutup, Risma menyampaikan rasa sedihnya melihat bencana banjir yang melanda tidak hanya di Kabupaten Cirebon, tetapi juga di Kendari dan Padang. “Mudah-mudahan, musibah banjir ini tidak terjadi lagi,” ungkapnya dengan harapan akan pemulihan dan pencegahan di masa mendatang, pungkasnya. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *