Jadwal Imsakiyah Bulan Puasa Ramadhan 2024 di Kabupaten Cirebon dan Sekitarnya

Jadwal Imsakiyah Bulan Puasa Ramadhan 2024
Jadwal Imsakiyah Bulan Puasa Ramadhan 2024

Wajib Tahu, Jadwal Imsakiyah Bulan Puasa Ramadhan 2024

Jadwal puasa divipro 6

Divipromedia.com, Kabupaten Cirebon – Telah dipublikasikan jadwal imsakiyah bulan puasa Ramadan 2024, yang selengkapnya sesuai dengan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Jadwal imsak ini tidak hanya memberikan informasi tentang waktu puasa, tetapi juga dapat memudahkan umat Islam dalam menaati sunnah puasa.

Menurut anjuran agama, seorang Muslim sebaiknya menyelesaikan sahur menjelang waktu shalat subuh, sementara untuk berbuka, disarankan untuk segera melakukannya setelah azan maghrib berkumandang.

Selain menyajikan jadwal imsak dan berbuka puasa, jadwal ini juga memuat informasi tentang waktu shalat lima waktu, yakni subuh, zuhur, asar, maghrib, dan isya.

Dengan demikian, umat Muslim di Kabupaten Cirebon dapat mengatur ibadah harian mereka dengan lebih teratur.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah sebagai awal ibadah bulan puasa tahun 2024, yang jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Penetapan ini disahkan dalam sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama pada Minggu, 10 Maret 2024.

Dengan tersedianya jadwal imsakiyah ini, umat Islam di Kabupaten Cirebon dapat mengorganisir ibadah mereka dengan lebih efisien sesuai dengan tuntunan agama.

Jadwal ini tidak hanya menjadi acuan waktu, tetapi juga simbol dari komitmen mereka untuk menjalankan ibadah dengan penuh kesadaran dan ketaatan selama bulan Ramadan.

jadwal imsakiyah bulan puasa Ramadan 2024

Untuk niat puasa biasanya diucapkan pada malam sebelum puasa dimulai atau saat sahur menjelang fajar.

Contoh niat puasa yang umum adalah:

“Nawaitu sawma ghadin ‘an ‘adzii fardhi syahri Ramadan hadzihil ‘l ‘amri billahi ta’ala” yang artinya “Saya niat berpuasa esok hari sebagai kewajiban di bulan Ramadan ini karena Allah Ta’ala.” Dengan mengucapkan niat ini, seorang Muslim menegaskan kesungguhannya untuk menjalankan puasa sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.
Niat Buka Puasa:

Niat buka puasa merupakan kesempatan bagi seorang Muslim untuk mengakhiri puasanya setelah menjalani sehari penuh menahan lapar dan haus.

Niat buka puasa menandakan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT dengan memberikan rezeki untuk berbuka setelah seharian menahan diri.

Niat buka puasa juga merupakan momen untuk merenungkan dan mengingat kebesaran Allah SWT yang telah memberikan rizki kepada hamba-Nya.

Contoh niat buka puasa yang umum adalah:

“Allahumma inni laka sumtu wa bika aamantu wa ‘alayka tawakkaltu wa ‘ala rizq-ika aftartu” yang artinya “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dan dengan nama-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku berserah, serta dengan rezeki-Mu aku berbuka.” Dengan mengucapkan niat buka puasa ini, seorang Muslim mengakui bahwa semua yang ia lakukan adalah untuk mencari keridhaan Allah SWT.

Dalam kesimpulannya, niat puasa dan niat buka puasa bukan sekadar rutinitas yang dilakukan oleh umat Islam, tetapi merupakan bagian penting dari ibadah puasa yang mengandung makna spiritual yang dalam.

Dengan menyadari pentingnya niat dalam ibadah puasa, seorang Muslim dapat memperdalam hubungannya dengan Allah SWT dan meningkatkan kesadaran akan tujuan sejati dari ibadah puasa itu sendiri. (DM2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *