Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang Ke-542

Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang Ke-542
Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang Ke-542

Bupati Cirebon, Menggemahkan Semangat Membangun, Di Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang Ke-542

divipromedia.com, CIREBON – Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang Ke-542 tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 2 April menjadi momen yang cukup baik. Hari jadi tahun sekarang mengambil tema agak unik. Tema itu mengandung makna yang sangat dalam. Cirebon Sun Kelangon atau “Cirebon Aku Rindu Berat”.

Bupati Cirebon, Drs H.Iron M.Ag, dan Wakil Bupati Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE,M.Si, bersama pejabat Kabupaten Cirebon dan Forkopimda meriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang Ke-542 pada Selasa, 2 April 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Imron mengungkapkan betapa pentingnya momen ini dalam sejarah daerah tersebut, mencatat perjalanan yang panjang sejak tahun 1482. Dengan bangga, Imron menekankan peran masyarakat dalam kesuksesan Cirebon, yang tak lepas dari warisan dan perjuangan leluhur, seperti Sunan Gunung Jati.

Imron berkomitmen untuk mempercepat pembangunan daerah guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sesuai instruksi presiden. Visi Pemerintah Kabupaten Cirebon adalah menciptakan daerah yang berbudaya, sejahtera, agamis, maju, dan aman.

Dengan semangat ini, Imron mendorong seluruh warga untuk bersama-sama membangun Cirebon yang lebih baik, mengingat pesan dan peran penting para pendahulu sebagai landasan bagi pembangunan masa depan. Mari bersatu demi Kabupaten Cirebon yang lebih maju dan sejahtera.

momentun pada Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang Ke-542 ini menjadi kebanggan semuanya. Pasalnya di usia yang cukup panjang ini banyak perubahan yang sudah terjadi di Kabupaten Cirebon.

Menurut Imron, selama kurun waktu 4 tahun pelaksanaan pembangunan pada periode RPJMD 2019-2024, telah mencapai berbagai prestasi dan peningkatan capaian kinerja pembangunan ke arah yang lebih baik.

“Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Cirebon tahun 2023 sebesar 4,85 persen meningkat 0,76 persen. Dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 4,09 persen,” katanya.

Selain itu, kata Imron, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cirebon yang mengalami peningkatan ditingkat Jawa Barat.

“Sekarang IPM kita peringkat 18 yang sebelumnya ke-19 se Jawa Barat atau peringkat 9 dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Sedangka, lanjut Imron, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Cirebon tahun 2023 sebesar 7,65 persen, turun sebesar 0,46 persen dibandingkan dengan tahun 2022 yang sebesar 8,11 persen.

“Artinya banyak perubahan, dimana pengangguran mengalami pemurunan, karena, kini lapangan kerja di Kabupaten Cirebon sudah mulai bayak, sebab adanya kawasan industri di wilayah timur Kabupaten Cirebon,” katanya.

Disinggung infrastruktur, Imron mengatakan capaian untuk infrastruktur khususnya jalan sudah mencapai 85 persen. “Artinya tinggal beberapa persen saja jalan di Kabupaten Cirebon dalam keadaan rusak, tetapk tahun sekarang sudah dianggarkan untuk perbaikan jalan, sehingga tahun 2024 keadaan jalan di Kabupaten Cirebon dalam keadaan baik,” ujarnya. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *