Gelar Karya Anak Cirebon, Disdik Kabupaten Cirebon Peringati Hardiknas

Gelar Karya Anak Cirebon

Gelar Karya Anak Cirebon Peringati Hardiknas

Divipromedia.com, CIREBON – Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon telah menetapkan agenda Gelar Karya Anak Cirebon peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2024 dengan berbagai kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Rangkaian acara ini dijadwalkan akan berlangsung mulai dari Kamis, 18 April hingga 2 Mei mendatang.

Saat dikonfirmasi, usai rapat kepanitiaan Hardiknas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto mengatakan, ” Agenda pelaksanaan kegiatan ditempat berbeda dan ada sepuluhkegiatan rangkaian yakni:

  1. literasi dan numerasi Sekolah Dasar (SD) lokasi di SDN 2 Tukmudal
  2. Pasanggiri bahasa Cirebontingkat SD dan SMP lokasi di SMPN 3 Sumber
  3. Pentas PAI tingkat PAUD lokasi di KOWILBIDIKCAM Sumber (SDN 2,3 dan 4 Sumber)
  4. O2SN tingkat SD dan SMP lokasi di Stadion Ranggajati serta kegitan Gala Siswa Indonesia (GSI) lokasi di KODIM 0620
  5. O2SN tingkat SD dan SMP (lanjutan) serta Gebyar Dikmas
  6. Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat SMP lokasi di SMPN 1 Sumber
  7. Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat SD lokasi di KOWILBIDIKCAM Sumber (SDN 2,3 dan 4 Sumber).
  8. Olimpiade literasi tingkat SMP lokasi di SMPN 1 Sumber
  9. Pentas PAItingkat SD santa SMP lokasi di SMPN 1 Sumber,
  10. FLS2N tingkat SD dan SMP lokasi di (SDN 2,3 dan 4 Sumber) serta (SMPN 1 Sumber)

Lanjutnya, untuk acara puncak pada 2 Mei mendatang akan dilaksanakan upacara Hardiknas di halaman kantor Bupati Cirebon, setelah itu disambung resepsi yang lokasinya di Kantor Dinas Pendidikan. Pada acara resepsi, diisi dengan gelar karya anak Cirebon, yang menampilkan karya unggul siswa-siswi, serta penampilan pentas seni para pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, ucapnya.

“Kami ingin menunjukkan bahwa anak-anak kami tidak hanya memiliki karya yang memukau, tetapi juga proses belajar yang menginspirasi,” ungkap Roni.

Namun, yang membuat acara ini begitu istimewa adalah fokusnya pada proses kreasi. Tidak hanya memamerkan hasil karya, tetapi juga menyoroti proses pembuatannya. Dari robotik hingga menyulam, setiap karya akan diperlihatkan dengan detail, menginspirasi sekolah lain untuk mengeksplorasi kreativitas mereka sendiri, unjarnya.

“Ini bukan sekadar pameran, tapi perayaan akan potensi sejati anak-anak kami, yang ditampilkan itu betul-betul karya yang nyata dan bisa diterapkan di sekolah,” tegas Roni.

Dengan melibatkan berbagai tingkatkan sekolah, mulai dari TK hingga SMP, “Gelar Karya Anak Cirebon” menggambarkan semangat kolaboratif untuk mendorong pembelajaran kreatif dan inovatif di seluruh wilayah.

Acara ini bukan hanya tentang memamerkan hasil akhir, tetapi juga tentang memperjuangkan pendidikan yang lebih berarti dan mendalam bagi generasi mendatang, pungkasnya. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *