Bupati Cirebon Upayakan Pemilih Pemula Bisa Menyalurkan Hak Pilih Di Pemilu 2024

Bupati Cirebon Upayakan Pemilih Pemula Bisa Menyalurkan Hak Pilih Di Pemilu 2024
Bupati Cirebon Upayakan Pemilih Pemula Bisa Menyalurkan Hak Pilih Di Pemilu 2024

Bupati Cirebon Bersama Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Upayakan Pemilih Pemula Bisa Menyalurkan Hak Pilih Di Pemilu 2024

Bupati Cirebon, (divimedia.com) – Bupati Cirebon, H. Imron melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cirebon upayakan ribuan pemilih pemula mendapatkan hak pilihnya dalam pelaksanaan pesta demokrasi tepatnya pada tanggal 14 Febuari 2024.

Upaya yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Cirebon, mulai bulan Oktober tahun 2023 hingga bulan Februari 2024 telah membuat acara road show perekaman KTP-EL bagi genap usia 17 tahun ke Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK) di wilayah Kabupaten Cirebon, tutur Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cirebon, H. Iman Supriadi, saat dikonfirmasi usai acara pembagian KTP-EL di SMAN 1 Palimanan, Senin (12/2/24).

Menurutnya, data tercatat di Dapodik dari Cabang Cirebon Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, pemilih pemula yang genap umur 17 tahun mencapai 48 ribu pemilih pemula. Alhamdulillah, yang sudah melakukan perekaman dan sudah terdistribusi KTP-EL (sudah mendapatkan KTP-EL) sebanyak 42 ribu pemilih pemula, maka sisinya masih 6 ribu pemilih pemula yang belum perekaman KTP-EL. Katanya.

Lanjutnya, sisanya 6 ribu yang belum melakukan perekaman. “Kita tetap masih melakukan upaya masih road show kesekolah masih ada waktu dua hari kerja. Kalau tetap belum tercapai juga karena waktu, maka bagi yang belum mendapatkan KTP-EL fisik bisa menggunakan biodata dulu untuk ikut pesta demokrasi sehingga mereka bisa menyalurkan hak pilihnya. Unjarnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan di SMAN 1 Palimanan, kita melaksanakan perekaman satu hari kerja sebanyak 500 siswa-siswi pada hari rabu minggu lalu karena terhalang libur panjang maka pada hari senin ini, kita baru bisa membagikan KTP-EL kepada siswa secara sibolis dan bisa mengurangi dari sisa 6 ribu belum memiliki KTP-EL, jelasnya.

dari upaya perekaman secara masif ini akan berdampak pada antusiasme warga berpartisipasi pada Pemilu 2024 nanti. Meski tidak menjamin semuanya bisa terlayani, namun setidaknya bisa mencakup sebagian besar kelompok pemilih pemula, harapnya. *DM1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *