Bupati Cirebon, Pendamping Desa Miliki Peran Penting dalam Kemajuan Kabupaten Cirebon

Pendamping Desa

Bupati Cirebon, Pendamping Desa Miliki Peran Penting dalam Kemajuan Kabupaten Cirebon

Divipromedia.com, CIREBON – Pendamping desa memang memiliki peran krusial dalam memajukan Kabupaten Cirebon. Dengan mendampingi ratusan desa, mereka bisa membantu dalam pengembangan potensi lokal, pengelolaan sumber daya, dan pemberdayaan masyarakat, tutur, Bupati Cirebon H. Imron.

Karena menurut Imron, pendamping desa sangat faham terkait potensi dan masalah yang ada diseluruh desa di Kabupaten Cirebon. Sehingga pihaknya kata Imron, sangat membutuhkan masukan dari para pendamping desa.

” Halal bi halal ini, sekaligus juga meminta masukan dari pendamping desa, untuk kemajuan Kabupaten Cirebon, ujar Imron, saat menghadiri halal bi halal dengan pendamping desa, di Pendopo Kabupaten Cirebon, Selasa 16 April 2024.

Imron menuturkan, bahwa untuk bisa memajukan sebuah wilayah, ada dua hal yang perlu diketahui diwilayah tersebut, yaitu potensi dan permasalahannya. Dengan mengetahui permasalahan yang terjadi, maka pemerintah bisa segera mencarikan solusinya.

Sedangkan terkait dengan potensi yang ada di desa, maka hal tersebut bisa dijadikan sebuah peluang untuk terus digali dan dimanfaatkan untuk mengembangkan desa.

” Karena syarat untuk maju, yaitu kita bisa tahu potensi dan masalahnya,” ujar Imron.

Imron juga menyebut, bahwa program Cirebon Maju yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon, juga bertumpu pada perkembangan desa. Karena menurut Imron, jika desa di Kabupaten Cirebon maju, maka nanti akan bisa mendorong kemjuan wilayahnya.

” Kalau desanya maju, maka nanti Kabupaten Cirebon juga akan maju,” kata Imron.

Ia juga berharap, para pendamping desa yang saat ini bertugas diseluruh desa di Kabupaten Cirebon, bisa membantu dalam mengurai permasalahan yang terjadi di desa. Selain itu, pendamping desa juga diharapkan bisa mengidentifikasi potensi yang ada.

“Melalui pendamping desa ini, diharapkan nantinya bisa membantu Pemkab Cirebon dalam mengurai permasalahan dan menemukan potensi-potensi yang ada di desa,” Ungkap Imron. (DM1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *